fbpx

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

Asuransi pendidikan sudah menjadi pilihan banyak orang tua dalam usahanya mewujudkan impian pendidikan yang setinggi-tingginya bagi putra-putrinya saat ini. Di tengah beragam produk asuransi pendidikan yang ada , memilih Asuransi Pendidikan Untuk Anak telah menjadi kesulitan tersendiri yang menyulitkan orang tua.

Tulisan ini diharapkan dapat membantu orang tua dalam memperoleh Asuransi Pendidikan Untuk Anak. Dengan demikian mimpi menyediakan pendidikan yang setinggi-tingginya untuk putra-putrinya bisa terwujud.

Asuransi Pendidikan Anak Perlukah?

Pertanyaan semacam ini bisa kita temukan jawabannya dengan cara memahami latar belakang dikembangkannya produk asuransi pendidikan.

Sebagaimana telah banyak disadari, Impian orang tua untuk menyediakan pendidikan tinggi untuk putra-putrinya harus menghadapi 4 tantangan dan ancaman; yaitu:

  1. Biaya pendidikan terus naik fantastis
  2. Resiko sakit-penyakit
  3. Resiko kecelakaan
  4. Resiko kematian

1. Biaya pendidikan yang meningkat tajam

Biaya kuliah di Indonesia, rata-rata naik 15% setahun. Namun, peningkatan pendapatan keluarga-keluarga di Indonesia rata-rata hanya 7% setahun; atau tidak sampai separuh peningkatan biaya pendidikan.

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

Info-grafis dari Jiwasraya menunjukkan data pertumbuhan biaya pendidikan tinggi di beberapa universitas ternama di Indonesia. Data ini belum memperhitungkan biaya-biaya lainnya seperti transportasi, akomodasi, maupun buku selama pendidikan. Fakta ini menjadi tantangan yang menuntut orang tua untuk memilih solusi yang tepat untuk mengatasinya.

2. Resiko sakit-penyakit

Resiko sakit-penyakit terus menghantui setiap orang. Sehingga usaha para orang tua dalam menyiapkan dana untuk pendidikan terbaik bagi putra-putrinya terancam .

Dari Tahun ke tahun, jumlah uang yang dikeluarkan keluarga-keluarga Indonesia untuk keperluan yang berkaitan dengan kesehatan terus meningkat . Info-grafis dari Kementrian Kesehatan RI  berikut ini memperlihatkan kenyataan tersebut.

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

Fakta Ini menyatakan bahwa resiko terkena sakit-penyakit semakin tinggi. Fakta Ini sekaligus menunjukkan bahwa biaya rumah sakit semakin tinggi.

3. Resiko Kecelakaan

Kemudian, orang tua juga dihantui resiko kecelakaan; baik di perjalanan maupun di tempat kerja. Info-grafis dari Tirto.id berikut ini, menunjukkan resiko kecelakaan yang dihadapi setiap orang tua di perjalanan “menuju” maupun “dari” dari tempatnya bekerja atau berusaha.

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

Di samping resiko kecelakaan di jalan, orang tua juga menghadapi resiko kecelakaan kerja. Info-grafis dari Kemenaker di bawah ini menunjukkan masih tingginya peristiwa kecelakaan kerja di Indonesia.  Angka kecelakaan kerja di Indonesia mencapai rata-rata 10 ribu kecelakaan per bulan; atau lebih dari 300 kejadian kerja sehari.

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

4. Resiko Kematian

Semakin bertambah\bertambahnya usia , makin besar pula resiko kematian . Ini disebabkan oleh semakin menurunnya kemampuan tubuh untuk memproduksi sel-sel baru. Akibatnya tubuh kita makin mudah terjangkit penyakit yang bisa mengakibatkan kematian.

Pola resiko kematian di tiap usia tergambar dalam info-grafis di bawah ini:

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

Kecenderungan resiko kematian tinggi di usia awal kelahiran. Selanjutnya kecenderungan kematian menurun seiring bertambahnya usia; lalu akan meningkat kembali memasuki usia yang lanjut.

5 Ciri Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Bagus

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus adalah yang mampu menjadi solusi terhadap tantangan dan resiko seperti telah dijabarkan di atas.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Terbaik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1. Memberikan kepastian

Kematian orang tua, khususnya kematian pencari nafkah , sering ikut “mengubur” harapan pendidikan yang setinggi-tingginya bagi anak-anak dalam keluarga.

Video berikut memberikan gambarannya;

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik harus dapat memberikan kepastian biaya pendidikan tinggi putra-putri tercinta, meski harus tutup usia sebelum waktu itu tiba.

2. Menghadirkan perlindungan

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik juga harus menghadirkan perlindungan kepada orang tua terhadap resiko sakit-penyakit ataupun kecelakaan yang bisa mengakibatkan orang tua kesulitan bahkan tidak bisa lagi melaksanakan kewajiban memberikan nafkah bagi keluarganya. Sekali lagi, hal ini didasarkan pada tujuan asuransi pendidikan ialah memberikan kepastian perlindungan masa depan pendidikan yang setinggi-tingginya untuk putra-putri tercinta.

Perlindungan bisa berupa santunan bulanan bagi keluarga untuk bisa meneruskan harapan pendidikan yang terbaik bagi buah hatinya.

3. Memberikan manfaat investasi

Selain memberikan kepastian dan menghadirkan perlindungan, Asuransi Pendidikan Anak Yg Bagus juga memberikan manfaat investasi. Info-grafis yang dipublikasikan Divisi Riset BEI memperlihatkan bahwa hanya kenaikan dari hasil investasi saham (13,13%) yang dapat mengimbangi peningkatan biaya kuliah yang fantastis (sekitar 15% setiap tahun). Publikasi tersebut tertuang dalam info-grafis berikut ini:

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang BaikMeski tidak bersifat mutlak, manfaat investasi dari Asuransi Pendidikan Untuk Anak dapat membantu orang tua dalam mengatasi tantangan tingginya kenaikan biaya pendidikan sekaligus mengatasi ancaman sakit-penyakit, kecelakaan, dan kematian. Sehingga orang tua bisa memiliki solusi yang lengkap dan praktis dalam 1 produk asuransi pendidikan.

4. Perusahaan terpercaya

Asuransi Pendidikan Untuk Anak harus kita dapatkan dari perusahaan asuransi yang terpercaya. Mengapa demikian?

Karena, asuransi pendidikan adalah produk keuangan jangka panjang. Sehingga, kemampuan perusahaan asuransi dalam mengelola dana nasabah amatlah penting. Kapasitas perusahaan asuransi memiliki 3 ciri berikut ini:

  1. Memiliki Aset yang besar.
  2. Sejarah membayar klaim nasabah yang lancar
  3. RBC minimal 125%

Perusahaan asuransi yang memiliki aset yang besar akan sanggup mencairkan klaim resiko maupun hasil investasi seluruh nasabah-nya; bahkan jika seluruh nasabah-nya klaim dalam waktu bersamaan|Kekayaan yang besar yang dimiliki perusahaan, akan memudahkan perusahaan asuransi untuk mencairkan klaim resiko maupun hasil investasi seluruh nasabah-nya tempo yang cepat\singkat; walaupun jika seluruh nasabah-nya klaim dalam waktu bersamaan|sekaligus}}. Hal ini akan menghadirkan keyakinan bagi seluruh nasabah-nya bahwa impiannya terlindungi. Berikut ini laporan kekayaan perusahaan asuransi;

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Kemampuan perusahaan asuransi juga tampak dari riwayat pembayaran klaim yang pernah dilakukannya. Jika perusahaan tidak pernah gagal dalam membayar klaim bahkan sering membayar klaim yang nilai-nya besar serta mencairkan klaim dengan singkat, dapat makin menambah keyakinan nasabah pada perusahaan. Berikut ini riwayat pembayaran klaim perusahaan asuransi;

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Ciri selanjutnya adalah perusahaan asuransi yang kredibel juga tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam hal ini, Undang-Undang yang berlaku di Indonesia men-syaratkan bahwa perusahaan asuransi wajib memiliki RBC (Risk Base Capital) lebih dari 125%. Risk Base Capital adalah perbandingan total kekayaan perusahaan terhadap total kewajiban klaim dan dana investasi seluruh nasabah-nya. Berikut ini contoh laporan RBC perusahaan asuransi;

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

 

5. Agen yang kredibel

Orang tua juga harus memperoleh Asuransi Pendidikan Anak Yg Terbaikdari agen asuransi terpercaya.

Agen asuransi terpercaya adalah “jembatan penghubung” antara calon nasabah dengan perusahaan asuransi. Agen asuransi yang kredibel akan “mempertemukan” kebutuhan Asuransi Pendidikan Anak Yang Terbaik calon nasabah dengan produk asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Agen asuransi yang terpercaya akan memberikan informasi yang berimbang bagi calon nasabah-nya. Karena, agen asuransi yang kredibel berfungsi sebagai penyaring awal bagi perusahaan asuransi; atau biasa disebut field underwriter. Sehingga, agen asuransi terpercaya tidak hanya akan memberikan informasi berupa keunggulan produk yang ditawarkannya –dengan tujuan agar calon nasabah membeli produk asuransi-nya– akan tetapi juga akan menjelaskan kekurangan atau syarat-syaratnya.

Agen asuransi yang kredibel juga akan menolong calon nasabah dalam memutuskan asuransi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Sekaligus menyarankan pilihan yang sesuai dengan anggaran calon nasabah berdasarkan skala prioritas.

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Kesimpulan!

Asuransi pendidikan adalah solusi yang tepat bagi orang tua untuk memastikan bahwa impian memberikan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya dapat tercapai.

Asuransi Pendidikan Anak Yg Bagus dapat membantu mengimbangi kenaikan biaya pendidikan yang fantastis, sekaligus memberikan perlindungan terhadap ancaman sakit-penyakit, kecelakaan, maupun kematian yang dapat dialami sewaktu-waktu.

Asuransi Pendidikan Anak Yg Terbaik adalah yang mempunyai 5 ciri-ciri berikut ini:

  1. Memberikan kepastian
  2. Menghadirkan perlindungan
  3. Memiliki manfaat investasi
  4. Perusahaan yang terpercaya
  5. Agen yang yang terpercaya;

dengan demikian, orang tua memperoleh ketenangan dan kepastian bahwa harapannya untuk memberikan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya akan terwujud.

 

Semoga bermanfaat!

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

Author picture

Tuliskan komentar Anda di sini

Video Pilihan Untuk Anda

Pendapat Client Tentang Kami

Artikel Populer

Sign up for our Newsletter

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Open chat
1
Hai! Ada yg dpt kami bantu?
powered by ADA-SOLUTION
Hai!..dg Yati di sini..
Adakah yg bisa kami bantu sehubungan 5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik?