fbpx

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Asuransi pendidikan sudah menjadi pilihan utama banyak orang tua dalam upayanya menggapai impian pendidikan terbaik bagi putra-putrinya . Di tengah beragam produk asuransi pendidikan yang ada di pasaran, memilih Asuransi Pendidikan Untuk Anak menjadi kesulitan tersendiri yang menguras pikiran orang tua.

Artikel ini diharapkan dapat menolong orang tua dalam memilih Asuransi Pendidikan Anak Yang Paling Bagus. Dengan demikian harapan menghadirkan pendidikan tinggi untuk putra-putrinya dapat tercapai.

Asuransi Pendidikan Anak Pentingkah?

Pertanyaan tersebut bisa kita temukan jawabannya dengan cara mengetahui latar belakang dikembangkannya produk asuransi pendidikan.

Sebagaimana telah banyak diketahui, Harapan orang tua dalam memberikan pendidikan yang setinggi-tingginya bagi putra-putrinya harus menghadapi 4 tantangan dan resiko; yaitu:

  1. Biaya pendidikan yang meningkat tajam
  2. Resiko sakit-penyakit
  3. Resiko kecelakaan
  4. Resiko kematian

1. Biaya pendidikan naik fantastis

Biaya pendidikan di Indonesia, rata-rata meningkat 15% per tahun. Sayangnya, kenaikan gaji keluarga-keluarga di Indonesia rata-rata hanya 7% setahun; atau tidak sampai setengah peningkatan biaya kuliah.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Info-grafis dari Jiwasraya memperlihatkan data pertumbuhan biaya pendidikan tinggi di beberapa universitas terkenal di Indonesia. Data ini belum meng-kalkulasi biaya-biaya lainnya seperti transportasi, buku, maupun akomodasi selama menjalani pendidikan. Fakta tersebut menjadi tantangan yang menuntut orang tua untuk memilih solusi yang tepat untuk mengatasinya.

2. Resiko sakit-penyakit

Resiko sakit-penyakit menghantui setiap orang. Sehingga usaha para orang tua dalam menyiapkan dana untuk pendidikan tinggi bagi putra-putrinya terancam .

Dari Tahun ke tahun, total uang yang dikeluarkan keluarga-keluarga di Indonesia untuk keperluan yang berhubungan dengan kesehatan terus meningkat . Info-grafis dari Kementrian Kesehatan RI  berikut ini memperlihatkan kenyataan tersebut.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Kenyataan Ini menyatakan bahwa resiko terkena sakit-penyakit makin besar. Ini sekaligus menunjukkan bahwa biaya pengobatan makin tinggi.

3. Resiko Kecelakaan

Kemudian, orang tua juga dihantui resiko kecelakaan; baik di perjalanan maupun di tempat kerja. Info-grafis dari Tirto.id di bawah ini, menunjukkan besarnya resiko kecelakaan yang menghantui setiap orang tua di perjalanan “menuju” maupun “sepulang” dari lokasinya bekerja atau berusaha.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Selain resiko kecelakaan di jalan, orang tua juga menghadapi resiko kecelakaan di lokasi kerja. Info-grafis dari Kemenaker di bawah ini menunjukkan masih tingginya peristiwa kecelakaan kerja di Indonesia.  Angka kecelakaan kerja di Indonesia mencapai rata-rata 10 ribu kejadian per bulan; atau lebih dari 300 kecelakaan kerja setiap hari.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

4. Resiko Kematian

Semakin bertambah\bertambahnya umur kita, semakin besar pula resiko kematian . Ini diakibatkan oleh semakin berkurangnya kemampuan tubuh untuk melakukan regenerasi sel. Sehingga tubuh kita makin gampang terkena penyakit yang dapat menyebabkan kematian.

Pola resiko kematian di tiap kelompok usia tergambar dalam info-grafis di bawah ini:

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Kecenderungan kematian tinggi di usia awal kelahiran. Selanjutnya pola kematian menurun seiring bertambahnya usia; lalu akan meningkat kembali memasuki usia yang lanjut.

5 Ciri Asuransi Pendidikan Yg Bagus Untuk Anak

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Menghadapi tantangan dan resiko seperti diuraikan di atas, maka Asuransi Pendidikan Anak Yang Paling Bagus ialah yang mampu menjadi solusi terhadap tantangan dan resiko tersebut.

Asuransi Pendidikan Anak Yg Bagus memiliki ciri-ciri berikut ini:

1. Memberikan kepastian

Kematian orang tua, khususnya kematian pemberi nafkah keluarga, seringkali ikut “mengubur” impian pendidikan yang setinggi-tingginya bagi anak-anak dalam keluarga.

Video ini memberikan gambarannya;

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Anak Yang Bagus harus memberikan kepastian biaya pendidikan tinggi putra-putri tercinta, meskipun harus tutup usia sebelum waktu itu tiba.

2. Menghadirkan perlindungan

Asuransi Pendidikan Anak Yg Bagus juga harus dapat memberikan perlindungan kepada orang tua terhadap resiko sakit-penyakit maupun kecelakaan yang bisa mengakibatkan orang tua kesulitan bahkan tidak mampu lagi melakukan kewajiban memberikan nafkah bagi keluarganya. Sekali lagi, ini karena tujuan asuransi pendidikan adalah menghadirkan kepastian perlindungan masa depan pendidikan tinggi bagi putra-putri tercinta.

Perlindungan ini bisa berupa tunjangan bulanan bagi keluarga agar bisa meneruskan mimpi pendidikan terbaik bagi putra-putrinya.

3. Memberikan manfaat investasi

Selain memberikan kepastian dan menghadirkan perlindungan, Asuransi Pendidikan Anak Paling Bagus juga memberikan manfaat investasi. Info-grafis yang diterbitkan Divisi Riset BEI memperlihatkan bahwa hanya kenaikan dari hasil investasi saham (13,13%) yang mampu mengimbangi kenaikan biaya pendidikan tinggi yang fantastis (sekitar 15% setahun). Publikasi tersebut tertuang dalam info-grafis berikut ini:

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-CirinyaMeski tidak mutlak, hasil investasi dari Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Bagus bisa menolong orang tua mengatasi tantangan tingginya kenaikan biaya pendidikan sekaligus mengatasi ancaman sakit-penyakit, kecelakaan, dan kematian. Sehingga orang tua bisa mendapatkan solusi yang komplit dan ringkas dalam 1 produk asuransi pendidikan.

4. Perusahaan asuransi terpercaya

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik harus kita dapatkan dari perusahaan asuransi terpercaya. Mengapa demikian?

Karena, asuransi pendidikan adalah produk keuangan jangka panjang. Sehingga, kredibilitas perusahaan asuransi dalam mengelola dana nasabah sangatlah krusial. Kapasitas perusahaan asuransi memiliki 3 ciri berikut :

  1. Memiliki Kekayaan yang besar.
  2. Riwayat pembayaran klaim nasabah yang cepat
  3. RBC lebih dari 125%

sekaligus|Kekayaan besar yang dimiliki perusahaan, akan memudahkan perusahaan asuransi untuk mencairkan klaim resiko maupun hasil investasi seluruh nasabah-nya dalam waktu yang cepat\singkat; meskipun jika seluruh nasabah-nya klaim dalam waktu bersamaan|sekaligus}}. Hal tersebut mendatangkan keyakinan kepada seluruh nasabah-nya bahwa impiannya terlindungi. Berikut ini laporan kekayaan perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Kapasitas perusahaan asuransi juga bisa dilihat dari riwayat pencairan klaim yang pernah dilakukannya. Jika perusahaan memiliki riwayat pencairan klaim yang baik bahkan sering membayar klaim yang nilai-nya besar serta mencairkan klaim dengan cepat, hal ini dapat makin meningkatkan keyakinan nasabah terhadap perusahaan. Di bawah ini riwayat pencairan klaim perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Ciri yang selanjutnya adalah perusahaan asuransi yang terpercaya juga terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam hal ini, Undang-Undang yang berlaku di Indonesia men-syaratkan bahwa perusahaan asuransi wajib memiliki RBC (Risk Base Capital) paling sedikit 125%. Risk Base Capital adalah perbandingan total aset perusahaan terhadap total kewajiban klaim dan dana investasi seluruh nasabah-nya. Di bawah ini contoh laporan RBC perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

 

5. Agen asuransi yang kredibel

Orang tua juga harus mendapatkan Asuransi Pendidikan Yg Bagus Untuk Anakdari agen asuransi yang terpercaya.

Agen asuransi yang terpercaya adalah “jembatan penghubung” antara calon nasabah dengan perusahaan asuransi. Agen asuransi yang terpercaya akan “mempertemukan” kebutuhan Asuransi Pendidikan Yg Bagus Untuk Anak calon nasabah dengan produk asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Agen asuransi yang terpercaya akan memberikan wawasan yang berimbang bagi calon nasabah-nya. Karena, agen asuransi yang kredibel memiliki tugas sebagai penyeleksi awal bagi perusahaan asuransi; biasanya disebut field underwriter. Sehingga, agen asuransi terpercaya tidak hanya memberikan informasi berupa keunggulan produk yang ditawarkannya –dengan tujuan supaya calon nasabah membeli produk asuransi-nya– melainkan juga akan menunjukkan kekurangan atau syarat-syaratnya.

Agen asuransi yang kredibel juga akan membantu calon nasabah dalam memutuskan asuransi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Sekaligus menyarankan pilihan yang sesuai dengan anggaran calon nasabah berdasarkan skala prioritas.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya: Kesimpulan!

Asuransi pendidikan adalah solusi tepat bagi orang tua untuk memastikan bahwa harapan memberikan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya dapat terwujud.

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Bagus dapat membantu mengimbangi kenaikan biaya pendidikan yang meningkat tajam, sekaligus memberikan perlindungan terhadap ancaman sakit-penyakit, kecelakaan, maupun kematian yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Berikut ini adalah 5 tanda Asuransi Pendidikan Anak Yg Bagus:

  1. Memberikan kepastian
  2. Menghadirkan perlindungan
  3. Memiliki manfaat investasi
  4. Perusahaan asuransi yang terpercaya
  5. Agen yang kredibel;

dengan demikian, ketenangan dan kepastian dirasakan para orang tua karena mimpinya untuk menghadirkan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya akan terwujud.

 

Semoga bermanfaat!

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Author picture

Tuliskan komentar Anda di sini

Video Pilihan Untuk Anda

Pendapat Client Tentang Kami

Artikel Populer

Sign up for our Newsletter

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Open chat
1
Hai! Ada yg dpt kami bantu?
powered by ADA-SOLUTION
Hai!..dg Yati di sini..
Adakah yg bisa kami bantu sehubungan Asuransi Pendidikan Anak Yang Aman: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya?