fbpx

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya

pentingnya asuransi pendidikan

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Asuransi pendidikan sudah menjadi pilihan utama orang tua dalam usahanya mewujudkan harapan pendidikan yang setinggi-tingginya bagi putra-putrinya belakangan ini. Memilih Asuransi Pendidikan Untuk Anak telah menjadi kesulitan tersendiri yang menyulitkan orang tua di tengah banyaknya produk asuransi pendidikan yang ada .

Tulisan ini diharapkan dapat menolong orang tua dalam memilih Asuransi Pendidikan Anak Yang Bagus. Sehingga impian menghadirkan pendidikan yang tinggi bagi putra-putrinya bisa tercapai.

Apakah Asuransi Pendidikan Bermanfaat?

Pertanyaan tersebut dapat kita temukan jawabannya dengan cara memahami alasan dikembangkannya asuransi pendidikan.

Seperti telah kita sadari, Impian orang tua untuk menyediakan pendidikan yang setinggi-tingginya untuk putra-putrinya dihadapkan pada 4 tantangan dan ancaman; yaitu:

  1. Biaya pendidikan terus naik fantastis
  2. Resiko sakit-penyakit
  3. Resiko kecelakaan
  4. Resiko kematian

1. Biaya pendidikan meningkat tajam

Biaya kuliah di Indonesia, rata-rata meningkat 15% per tahun. Sayangnya, kenaikan gaji keluarga-keluarga di Indonesia rata-rata hanya 7% per tahun; atau tidak sampai setengah kenaikan biaya pendidikan.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Info-grafis dari Jiwasraya memperlihatkan data kenaikan biaya pendidikan tinggi di beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia. Data ini belum memperhitungkan biaya-biaya lainnya seperti akomodasi, buku, maupun transport selama mengikuti pendidikan. Fakta ini menjadi tantangan yang memaksa orang tua untuk memiliki solusi yang tepat untuk mengatasinya.

2. Resiko sakit-penyakit

Resiko sakit-penyakit terus menghantui setiap orang. Sehingga upaya para orang tua dalam mengumpulkan dana untuk pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya terancam .

Dari Tahun ke tahun, total uang yang dikeluarkan keluarga-keluarga Indonesia untuk kebutuhan kesehatan terus meningkat tajam. Info-grafis dari Kementrian Kesehatan RI  berikut ini memperlihatkan kenyataan tersebut.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Kenyataan Ini menyatakan bahwa resiko terkena sakit-penyakit semakin tinggi. Ini sekaligus menunjukkan bahwa biaya rumah sakit makin besar.

3. Resiko Kecelakaan

Berikutnya, orang tua juga terus dihantui resiko kecelakaan; baik di perjalanan maupun di tempat kerja. Info-grafis dari Tirto.id berikut ini, menggambarkan besarnya resiko kecelakaan yang dihadapi setiap orang tua di perjalanan “menuju” maupun “dari” dari lokasinya bekerja atau berusaha.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Di samping resiko kecelakaan di jalan, orang tua juga dihantui resiko kecelakaan kerja. Info-grafis dari Kemenaker di bawah ini menunjukkan masih tingginya kejadian kecelakaan kerja di Indonesia.  Angka kecelakaan kerja di Indonesia mencapai rata-rata 10 ribu kejadian per bulan; atau lebih dari 300 kejadian kerja sehari.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya

4. Resiko Kematian

Dengan bertambah\bertambahnya usia kita, makin besar juga resiko kematian . Ini disebabkan oleh makin berkurangnya kemampuan tubuh untuk menghasilkan sel-sel baru. Sehingga tubuh kita semakin rentan terserang penyakit yang bisa menyebabkan kematian.

Kecenderungan kematian pada tiap umur ditunjukkan dalam info-grafis di bawah :

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Pola resiko kematian tinggi di usia awal kelahiran. Selanjutnya kecenderungan resiko kematian menurun seiring bertambahnya usia; dan akan meningkat kembali memasuki usia yang makin lanjut.

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Bagus

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Menghadapi tantangan dan resiko seperti yang telah diuraikan di atas, maka Asuransi Pendidikan Anak Yang Paling Bagus ialah yang mampu menjadi solusi terhadap tantangan dan resiko tersebut.

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1. Memberikan kepastian

Kematian orang tua, khususnya kematian pemberi nafkah keluarga, sering ikut “mengubur” harapan pendidikan terbaik bagi anak-anak dalam keluarga.

Video memberikan gambarannya;

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Anak Paling Bagus harus bisa memberikan kepastian perlindungan biaya pendidikan tinggi buah hati tercinta, meski harus tutup usia sebelum waktunya.

2. Menghadirkan perlindungan

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik juga harus dapat menghadirkan perlindungan kepada orang tua terhadap resiko sakit-penyakit maupun kecelakaan yang bisa mengakibatkan orang tua kesulitan atau tidak dapat lagi menjalankan kewajibannya memberikan nafkah bagi keluarganya. Sekali lagi, hal ini berdasarkan tujuan asuransi pendidikan ialah menghadirkan kepastian perlindungan masa depan pendidikan yang setinggi-tingginya bagi buah hati tercinta.

Perlindungan ini bisa berupa tunjangan bulanan bagi keluarga agar dapat meneruskan impian pendidikan terbaik bagi putra-putrinya.

3. Memberikan manfaat investasi

Selain memberikan kepastian dan menghadirkan perlindungan, Asuransi Pendidikan Anak Yang Bagus juga menghadirkan manfaat investasi. Info-grafis yang dipublikasikan Divisi Riset BEI memperlihatkan bahwa hanya peningkatan hasil investasi saham (13,13%) yang sanggup mengimbangi kenaikan biaya kuliah yang fantastis (sekitar 15% setiap tahun). Publikasi tersebut tertuang dalam info-grafis berikut ini:

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-CirinyaMeskipun tidak mutlak, manfaat investasi dari Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus dapat menolong orang tua mengatasi tantangan tingginya kenaikan biaya kuliah sekaligus mengatasi ancaman sakit-penyakit, kecelakaan, dan kematian. Sehingga orang tua dapat mendapatkan solusi yang komplit dan praktis dalam 1 produk asuransi pendidikan.

4. Perusahaan asuransi terpercaya

kita harus mendapatkan Asuransi Pendidikan Anak Yang Bagus dari perusahaan asuransi yang kredibel. Mengapa demikian?

Sebab, asuransi pendidikan adalah produk keuangan jangka panjang. Sehingga, kapasitas perusahaan asuransi dalam mengelola dana nasabah sangatlah penting. Kredibilitas perusahaan asuransi ditandai oleh 3 hal berikut :

  1. Punya Aset yang besar.
  2. Riwayat membayar klaim yang lancar
  3. RBC lebih dari 125%

Perusahaan asuransi dengan kekayaan yang besar akan sanggup mencairkan klaim resiko maupun hasil investasi seluruh nasabah-nya; bahkan jika seluruh nasabah-nya klaim dalam waktu bersamaan|Kekayaan besar yang dimiliki perusahaan, akan memudahkan perusahaan asuransi untuk mencairkan klaim resiko maupun hasil investasi seluruh nasabah-nya tempo yang cepat\singkat; meskipun jika seluruh nasabah-nya klaim bersamaan|sekaligus}}. Hal tersebut akan mendatangkan ketenangan kepada seluruh nasabah-nya bahwa impiannya terjamin. Di bawah ini laporan kekayaan perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Kapasitas perusahaan asuransi juga tampak dari riwayat pencairan klaim yang telah dilakukannya. Jika perusahaan memiliki riwayat pencairan klaim yang baik bahkan sering membayar klaim yang jumlah-nya besar serta mencairkan klaim dengan cepat, hal tersebut dapat makin menambah kepercayaan nasabah pada perusahaan. Di bawah ini riwayat pembayaran klaim perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Ciri yang terakhir ialah perusahaan asuransi yang terpercaya pasti terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam hal ini, Undang-Undang yang berlaku di Indonesia men-syaratkan bahwa perusahaan asuransi harus memiliki RBC (Risk Base Capital) minimal 125%. Risk Base Capital adalah perbandingan total kekayaan perusahaan terhadap total kewajiban klaim dan dana investasi seluruh nasabah-nya. Berikut ini contoh laporan RBC perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

 

5. Agen asuransi terpercaya

Orang tua juga harus mendapatkan Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagusdari agen asuransi terpercaya.

Agen asuransi yang terpercaya adalah “jembatan penghubung” antara calon nasabah dengan perusahaan asuransi. Agen asuransi terpercaya akan “mempertemukan” kebutuhan Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus calon nasabah dengan produk asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Agen asuransi yang kredibel akan memberikan informasi yang berimbang bagi calon nasabah-nya. Karena, agen asuransi yang terpercaya memiliki fungsi sebagai penyaring awal bagi perusahaan asuransi; biasanya disebut field underwriter. Sehingga, agen asuransi terpercaya tidak hanya akan memberikan wawasan berupa keunggulan produk yang ditawarkannya –dengan tujuan supaya calon nasabah membeli produk asuransi-nya– tapi juga akan menunjukkan kekurangan atau syarat-syaratnya.

Agen asuransi yang terpercaya juga akan menolong calon nasabah dalam memutuskan asuransi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Sekaligus menyarankan pilihan yang sesuai anggaran calon nasabah berdasarkan skala prioritas.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya: Kesimpulan!

Asuransi pendidikan adalah solusi yang tepat bagi orang tua untuk memastikan bahwa harapan menyediakan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya dapat tercapai.

Peningkatan biaya pendidikan yang fantastis bisa diimbangi oleh Asuransi Pendidikan Anak Paling Bagus. Sekaligus memberikan perlindungan terhadap resiko sakit-penyakit, kecelakaan, maupun kematian yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Berikut adalah 5 tanda Asuransi Pendidikan Anak Terbaik:

  1. Memberikan kepastian
  2. Menghadirkan perlindungan
  3. Memiliki manfaat investasi
  4. Perusahaan asuransi yang yang terpercaya
  5. Agen yang kredibel;

sehingga, orang tua mendapatkan ketenangan dan kepastian bahwa impiannya untuk menghadirkan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya akan terwujud.

 

Semoga bermanfaat!

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Author picture

Tuliskan komentar Anda di sini

Video Pilihan Untuk Anda

Pendapat Client Tentang Kami

Artikel Populer

Sign up for our Newsletter

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Open chat
1
Hai! Ada yg dpt kami bantu?
powered by ADA-SOLUTION
Hai!..dg Yati di sini..
Adakah yg bisa kami bantu sehubungan Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini 5 Ciri-Cirinya?