Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini Ciri-Cirinya

pentingnya asuransi pendidikan

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini   Ciri-Cirinya

Banyak orang tua telah memilih asuransi pendidikan untuk menolong menggapai harapan pendidikan tinggi bagi putra-putrinya. Memilih Asuransi Pendidikan Anak Yg Bagus menjadi masalah tersendiri yang menguras pikiran orang tua di tengah maraknya produk asuransi pendidikan yang ada di pasaran.

Artikel ini diharapkan bisa membantu orang tua dalam memilih Asuransi Pendidikan Anak Yang Bagus. Sehingga mimpi menghadirkan pendidikan yang setinggi-tingginya untuk putra-putrinya dapat terwujud.

Pentingkah Asuransi Pendidikan ?

Pertanyaan semacam ini bisa kita temukan jawabannya dengan cara mengetahui alasan lahirnya asuransi pendidikan.

Sebagaimana telah banyak diketahui, Impian orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik untuk putra-putrinya dihadapkan pada 4 tantangan dan resiko; yaitu:

  1. Biaya pendidikan yang terus melonjak
  2. Resiko sakit-penyakit
  3. Resiko kecelakaan
  4. Resiko kematian

1. Biaya pendidikan terus naik fantastis

Biaya kuliah di Indonesia, rata-rata meningkat 15% setahun. Sayangnya, peningkatan gaji keluarga-keluarga di Indonesia rata-rata hanya 7% setahun; atau tidak sampai setengah peningkatan biaya pendidikan.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini   Ciri-Cirinya

Info-grafis dari Jiwasraya di atas menunjukkan data kenaikan biaya kuliah di beberapa perguruan tinggi kenamaan di Indonesia. Data ini belum meng-kalkulasi biaya-biaya lainnya seperti akomodasi, buku, maupun transport selama kuliah. Fakta ini adalah tantangan yang menuntut keluarga-keluarga Indonesia untuk memiliki solusi yang tepat untuk mengatasinya.

2. Resiko sakit-penyakit

Setiap orang dihantui resiko sakit-penyakit. Sehingga usaha para orang tua dalam mengumpulkan dana untuk pendidikan yang setinggi-tingginya bagi putra-putrinya terancam .

Tahun ke tahun, uang yang dikeluarkan keluarga-keluarga di Indonesia untuk kebutuhan yang berhubungan dengan kesehatan terus meningkat tajam. Info-grafis dari Kementrian Kesehatan RI  berikut ini memperlihatkan kenyataan tersebut.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini   Ciri-Cirinya

Ini menunjukkan bahwa resiko terkena sakit-penyakit makin tinggi. Kenyataan Ini sekaligus menunjukkan bahwa biaya rumah sakit makin mahal.

3. Resiko Kecelakaan

Kemudian, orang tua juga terus dihantui resiko kecelakaan; baik di perjalanan maupun di tempat kerja. Info-grafis dari Tirto.id berikut, menunjukkan resiko kecelakaan yang menghantui setiap orang tua di perjalanan “ke” maupun “dari” dari lokasinya bekerja atau berusaha.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini   Ciri-Cirinya

Selain resiko kecelakaan di jalan, orang tua juga menghadapi resiko kecelakaan di tempat kerja kerja. Info-grafis dari Kemenaker di bawah ini menunjukkan betapa tingginya kecelakaan kerja di Indonesia.  Angka kecelakaan kerja di Indonesia mencapai rata-rata 10 ribu kejadian per bulan; yang berarti lebih dari 300 kecelakaan kerja sehari.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini   Ciri-Cirinya

4. Resiko Kematian

Dengan bertambah\bertambahnya usia , makin besar juga resiko kematian dihadapi. Ini diakibatkan oleh makin berkurangnya kemampuan tubuh untuk melakukan regenerasi sel. Akibatnya tubuh kita semakin rentan terserang penyakit yang bisa berujung kematian.

Pola resiko kematian di setiap usia tergambar dalam info-grafis berikut ini:

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini   Ciri-Cirinya

Pola kematian tinggi di usia awal kelahiran. Selanjutnya kecenderungan resiko kematian berkurang seiring bertambahnya usia; lalu akan meningkat kembali memasuki usia yang lanjut.

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Di Indonesia

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini   Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus adalah yang mampu jadi solusi terhadap tantangan dan resiko seperti telah dijabarkan di atas.

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1. Memberikan kepastian

Kematian orang tua, khususnya kematian pencari nafkah keluarga, seringkali ikut “mengubur” mimpi pendidikan terbaik bagi anak-anak dalam keluarga.

Video ini memberikan gambarannya;

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini   Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Anak Yg Bagus harus memberikan kepastian biaya pendidikan tinggi buah hati tercinta, meskipun harus tutup usia sebelum waktunya.

2. Menghadirkan perlindungan

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik juga harus memberikan perlindungan kepada orang tua terhadap resiko sakit-penyakit ataupun kecelakaan yang bisa menyebabkan orang tua kesulitan atau tidak dapat lagi menjalankan kewajibannya menyediakan nafkah bagi keluarganya. Sekali lagi, hal ini didasarkan pada tujuan asuransi pendidikan adalah memberikan kepastian masa depan pendidikan yang setinggi-tingginya bagi putra-putri tercinta.

Perlindungan dapat berupa santunan bulanan bagi keluarga agar dapat meneruskan mimpi pendidikan terbaik bagi putra-putrinya.

3. Memberi manfaat investasi

Selain memberikan kepastian dan menghadirkan perlindungan, Asuransi Pendidikan Anak Yg Bagus juga menghadirkan manfaat investasi. Info-grafis yang dipublikasikan Divisi Riset BEI memperlihatkan bahwa hanya peningkatan hasil investasi saham (13,13%) yang mampu mengimbangi kenaikan biaya pendidikan tinggi yang fantastis (sekitar 15% setahun). Publikasi tersebut tertuang dalam info-grafis berikut ini:

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini   Ciri-CirinyaMeski tidak mutlak, hasil investasi dari Asuransi Pendidikan Untuk Anak bisa membantu orang tua mengatasi tantangan tingginya kenaikan biaya kuliah sekaligus mengatasi resiko sakit-penyakit, kecelakaan, dan kematian. Sehingga orang tua dapat mendapatkan solusi yang lengkap dan sederhana dalam 1 produk asuransi pendidikan.

4. Perusahaan asuransi yang terpercaya

kita harus mendapatkan Asuransi Pendidikan Untuk Anak dari perusahaan asuransi yang terpercaya. Mengapa demikian?

Karena, asuransi pendidikan adalah produk keuangan jangka panjang. Sehingga, kemampuan perusahaan asuransi dalam mengelola dana nasabah amatlah penting. Kredibilitas perusahaan asuransi memiliki 3 ciri berikut ini:

  1. Punya Aset yang besar.
  2. Sejarah pembayaran klaim nasabah yang cepat
  3. RBC minimal 125%

sekaligus|Aset besar yang dimiliki perusahaan, akan memudahkan perusahaan asuransi untuk mencairkan klaim resiko maupun hasil investasi seluruh nasabah-nya tempo yang cepat\singkat; bahkan jika seluruh nasabah-nya klaim bersamaan|sekaligus}}. Hal ini mendatangkan ketenangan bagi seluruh nasabah-nya bahwa impiannya terjamin. Berikut ini laporan aset perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini   Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Kapasitas perusahaan asuransi juga bisa dilihat dari riwayat pencairan klaim yang pernah dilakukannya. Jika perusahaan tidak pernah kesulitan dalam membayar klaim bahkan sering membayar klaim yang jumlah-nya besar serta mencairkan klaim dengan singkat, hal ini akan meningkatkan kepercayaan nasabah pada perusahaan. Berikut ini riwayat pencairan klaim perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini   Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Ciri yang terakhir adalah perusahaan asuransi yang terpercaya juga terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam hal ini, Undang-Undang yang berlaku di Indonesia men-syaratkan bahwa perusahaan asuransi wajib memiliki RBC (Risk Base Capital) lebih dari 125%. Risk Base Capital adalah perbandingan total kekayaan perusahaan terhadap total kewajiban klaim dan dana investasi seluruh nasabah-nya. Berikut ini contoh laporan RBC perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini   Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

 

5. Agen yang kredibel

Orang tua juga harus memperoleh Asuransi Pendidikan Anak Paling Bagusdari agen asuransi yang kredibel.

Agen asuransi yang kredibel adalah “jembatan penghubung” antara calon nasabah dengan perusahaan asuransi. Agen asuransi terpercaya akan “mempertemukan” kebutuhan Asuransi Pendidikan Anak Terbaik calon nasabah dengan produk asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Agen asuransi terpercaya akan memberikan wawasan yang berimbang bagi calon nasabah-nya. Karena, agen asuransi terpercaya berfungsi sebagai penyaring awal bagi perusahaan asuransi; biasanya disebut field underwriter. Sehingga, agen asuransi yang terpercaya tidak hanya akan memberikan wawasan berupa kelebihan-kelebihan produk yang ditawarkannya –dengan maksud supaya calon nasabah membeli produk asuransi-nya– tapi juga akan menjelaskan kekurangan atau syarat-syaratnya.

Agen asuransi yang kredibel juga akan menolong calon nasabah dalam memutuskan asuransi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Sekaligus menyarankan pilihan yang sesuai anggaran calon nasabah berdasarkan skala prioritas.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini Ciri-Cirinya: Kesimpulan!

Asuransi pendidikan adalah solusi tepat bagi orang tua untuk memastikan bahwa mimpi memberikan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya dapat terlaksana.

Kenaikan biaya pendidikan yang meningkat tajam bisa diimbangi oleh Asuransi Pendidikan Anak Yang Paling Bagus. Sekaligus memberikan proteksi terhadap ancaman sakit-penyakit, kecelakaan, maupun kematian yang dapat terjadi kapan saja.

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik adalah yang memiliki 5 tanda berikut:

  1. Memberikan kepastian
  2. Menghadirkan perlindungan
  3. Memiliki manfaat investasi
  4. Perusahaan yang yang terpercaya
  5. Agen asuransi yang terpercaya;

sehingga, orang tua mendapatkan ketenangan dan kepastian bahwa harapannya untuk menghadirkan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya akan terwujud.

 

Semoga bermanfaat!

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini   Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik: Ini   Ciri-Cirinya

Author picture

Tuliskan komentar Anda di sini

Video Pilihan Untuk Anda

Pendapat Client Tentang Kami

Artikel Terkait

Sign up for our Newsletter

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit