Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Asuransi pendidikan sudah menjadi pilihan orang tua dalam usahanya menggapai harapan pendidikan tinggi bagi putra-putrinya belakangan ini. Memilih Asuransi Pendidikan Anak Yg Bagus telah menjadi kesulitan tersendiri yang menyulitkan orang tua di tengah maraknya produk asuransi pendidikan yang ada di pasaran.

Artikel ini diharapkan dapat membantu orang tua menemukan Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik. Dengan demikian mimpi menghadirkan pendidikan terbaik untuk putra-putrinya bisa terlaksana.

Asuransi Pendidikan Anak Pentingkah?

Pertanyaan tersebut dapat kita temukan jawabannya dengan cara mengetahui latar belakang dikembangkannya asuransi pendidikan.

Seperti telah kita pahami, Impian orang tua dalam menyediakan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya harus menghadapi 4 tantangan dan ancaman; yaitu:

  1. Biaya pendidikan yang naik fantastis
  2. Resiko sakit-penyakit
  3. Resiko kecelakaan
  4. Resiko kematian

1. Biaya pendidikan yang naik fantastis

Biaya pendidikan di Indonesia, rata-rata meningkat 15% setiap tahun. Di lain pihak, peningkatan pendapatan keluarga-keluarga di Indonesia rata-rata hanya 7% setiap tahun; atau tidak sampai separuh kenaikan biaya pendidikan tinggi.

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Info-grafis dari Jiwasraya memperlihatkan data kenaikan biaya pendidikan tinggi di beberapa perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Data ini belum memperhitungkan biaya-biaya lainnya seperti buku, akomodasi, maupun transportasi selama mengikuti kuliah. Fakta ini menjadi tantangan yang menuntut orang tua untuk memilih solusi yang tepat untuk mengatasinya.

2. Resiko sakit-penyakit

Setiap orang dihantui resiko sakit-penyakit. Sehingga upaya para orang tua dalam menyiapkan dana untuk pendidikan tinggi bagi putra-putrinya terancam .

Dari Tahun ke tahun, jumlah uang yang dikeluarkan keluarga-keluarga di Indonesia untuk keperluan yang berkaitan dengan kesehatan terus meningkat tajam. Info-grafis dari Kementrian Kesehatan RI  berikut ini menunjukkan kenyataan tersebut.

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Kenyataan Ini menunjukkan bahwa resiko terkena sakit-penyakit makin meningkat. Kenyataan Ini sekaligus menyatakan bahwa biaya rumah sakit makin besar.

3. Resiko Kecelakaan

Kemudian, orang tua juga terus dihantui resiko kecelakaan; baik di perjalanan maupun di tempat kerja. Info-grafis dari Tirto.id berikut, menggambarkan besarnya resiko kecelakaan yang dihadapi setiap orang tua di perjalanan “ke” maupun “dari” dari tempatnya berusaha atau bekerja.

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Di samping resiko kecelakaan di jalan, orang tua juga dihantui resiko kecelakaan di tempat kerja kerja. Info-grafis dari Kemenaker di bawah ini menunjukkan betapa masih tingginya kejadian kecelakaan kerja di Indonesia.  Angka kecelakaan kerja di Indonesia mencapai rata-rata 10 ribu kejadian per bulan; atau lebih dari 300 kecelakaan kerja per hari.

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

4. Resiko Kematian

Semakin bertambah\bertambahnya umur kita, makin besar juga resiko kematian . Hal ini disebabkan oleh makin berkurangnya kemampuan tubuh untuk melakukan regenerasi sel. Akibatnya tubuh kita makin rentan terkena penyakit yang bisa menyebabkan kematian.

Kecenderungan resiko kematian pada tiap usia digambarkan dalam info-grafis di bawah :

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Pola kematian tinggi pada usia awal kelahiran. Selanjutnya kecenderungan kematian menurun seiring bertambahnya usia; dan akan meningkat lagi memasuki usia lanjut.

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Di Indonesia

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Menghadapi tantangan dan resiko seperti yang telah dijabarkan di atas, maka Asuransi Pendidikan Yg Bagus Untuk Anak adalah yang mampu menjadi solusi terhadap tantangan dan resiko tersebut.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Bagus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1. Memberikan kepastian

Kematian orang tua, khususnya kematian pemberi nafkah , seringkali ikut “mengubur” mimpi pendidikan yang tinggi bagi anak-anak dalam keluarga.

Video berikut memberikan gambarannya;

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Untuk Anak harus memberikan kepastian biaya pendidikan putra-putri tercinta, meskipun harus tutup usia sebelum waktu itu tiba.

2. Menghadirkan perlindungan

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik juga harus bisa menghadirkan perlindungan kepada orang tua terhadap resiko sakit-penyakit maupun kecelakaan yang bisa mengakibatkan orang tua kesulitan bahkan tidak bisa lagi melaksanakan kewajibannya memberikan nafkah bagi keluarganya. Sekali lagi, ini berdasarkan tujuan asuransi pendidikan adalah memberikan kepastian perlindungan masa depan pendidikan yang setinggi-tingginya bagi buah hati tercinta.

Perlindungan ini dapat berupa tunjangan bulanan bagi keluarga untuk dapat meneruskan impian pendidikan terbaik bagi putra-putrinya.

3. Memberikan manfaat investasi

Selain memberikan kepastian dan menghadirkan perlindungan, Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus juga menghadirkan manfaat investasi. Info-grafis yang diterbitkan Divisi Riset BEI menunjukkan bahwa hanya kenaikan dari hasil investasi saham (13,13%) yang sanggup mengimbangi kenaikan biaya pendidikan tinggi yang fantastis (sekitar 15% setahun). Publikasi tersebut tertuang dalam info-grafis berikut ini:

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-CirinyaMeskipun tidak bersifat mutlak, manfaat investasi dari Asuransi Pendidikan Yg Bagus Untuk Anak dapat membantu orang tua mengatasi tantangan tingginya kenaikan biaya kuliah sekaligus mengatasi resiko sakit-penyakit, kecelakaan, dan kematian. Sehingga orang tua bisa mendapatkan solusi yang komplit dan ringkas dalam 1 produk asuransi pendidikan.

4. Perusahaan asuransi yang terpercaya

kita harus membeli Asuransi Pendidikan Anak Yang Paling Bagus dari perusahaan asuransi yang terpercaya. Mengapa demikian?

Karena, asuransi pendidikan adalah produk keuangan jangka panjang. Sehingga, kemampuan perusahaan asuransi dalam mengelola dana nasabah sangatlah penting. Kredibilitas perusahaan asuransi memiliki 3 hal berikut :

  1. Memiliki Kekayaan yang besar.
  2. Riwayat pembayaran klaim yang cepat
  3. RBC minimal 125%

Perusahaan asuransi yang memiliki kekayaan besar akan mampu mencairkan klaim resiko maupun hasil investasi seluruh nasabah-nya; bahkan jika seluruh nasabah-nya klaim dalam waktu bersamaan|Kekayaan yang besar yang dimiliki perusahaan, akan memudahkan perusahaan asuransi untuk mencairkan klaim resiko maupun hasil investasi seluruh nasabah-nya tempo yang cepat\singkat; walaupun jika seluruh nasabah-nya klaim di saat yang bersamaan|sekaligus}}. Hal ini menghadirkan keyakinan kepada seluruh nasabah-nya bahwa impiannya terlindungi. Berikut ini laporan aset perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Kapasitas perusahaan asuransi juga terlihat dari riwayat pembayaran klaim yang telah dilakukannya. Jika perusahaan tidak pernah gagal dalam membayar klaim bahkan selalu membayar klaim yang nilai-nya besar serta mencairkan klaim dalam waktu , hal ini akan makin menambah keyakinan nasabah pada perusahaan. Di bawah ini riwayat pencairan klaim perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Ciri yang terakhir ialah perusahaan asuransi yang kredibel pasti terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam hal ini, Undang-Undang yang berlaku di Indonesia men-syaratkan bahwa perusahaan asuransi wajib memiliki RBC (Risk Base Capital) lebih dari 125%. Risk Base Capital adalah perbandingan total aset perusahaan terhadap total kewajiban klaim dan dana investasi seluruh nasabah-nya. Di bawah ini contoh laporan RBC perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

 

5. Agen terpercaya

Orang tua juga harus memperoleh Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaikdari agen asuransi terpercaya.

Agen asuransi yang kredibel adalah “jembatan penghubung” antara calon nasabah dengan perusahaan asuransi. Agen asuransi terpercaya akan “mempertemukan” kebutuhan Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik calon nasabah dengan produk asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Agen asuransi yang terpercaya akan memberikan informasi yang berimbang bagi calon nasabah-nya. Karena, agen asuransi yang kredibel berperan sebagai penyaring awal bagi perusahaan asuransi; biasanya disebut field underwriter. Sehingga, agen asuransi yang kredibel tidak hanya memberikan wawasan berupa kelebihan-kelebihan produk yang ditawarkannya –dengan tujuan supaya calon nasabah membeli produk asuransi-nya– melainkan juga akan menunjukkan kekurangan atau syarat-syaratnya.

Agen asuransi terpercaya juga akan menolong calon nasabah dalam memutuskan asuransi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Sekaligus menyarankan pilihan yang sesuai anggaran calon nasabah berdasarkan skala prioritas.

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya: Kesimpulan!

Untuk memastikan bahwa mimpi menyediakan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya dapat tercapai, para orang tua dapat menggunakan asuransi pendidikan.

Peningkatan biaya pendidikan yang fantastis dapat diimbangi oleh Asuransi Pendidikan Anak Yg Bagus. Sekaligus memberikan perlindungan terhadap resiko sakit-penyakit, kecelakaan, maupun kematian yang dapat terjadi setiap saat.

Berikut adalah 5 tanda Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik:

  1. Memberikan kepastian
  2. Menghadirkan perlindungan
  3. Memiliki manfaat investasi
  4. Perusahaan yang terpercaya
  5. Agen yang kredibel;

sehingga, ketenangan dan kepastian didapatkan para orang tua karena mimpinya untuk memberikan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya akan terwujud.

 

Semoga bermanfaat!

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Author picture

Tuliskan komentar Anda di sini

Video Pilihan Untuk Anda

Pendapat Client Tentang Kami

Artikel Terkait

Sign up for our Newsletter

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit