Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Asuransi pendidikan sudah menjadi pilihan banyak orang tua dalam usahanya menggapai mimpi pendidikan yang setinggi-tingginya bagi putra-putrinya saat ini. Memilih Asuransi Pendidikan Anak Paling Bagus sudah menjadi masalah tersendiri yang menyulitkan orang tua di tengah maraknya produk asuransi pendidikan yang tersedia di pasaran.

Tulisan ini diharapkan dapat menolong orang tua dalam menemukan Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik. Maka harapan menghadirkan pendidikan yang setinggi-tingginya untuk putra-putrinya bisa tercapai.

Asuransi Pendidikan Anak Pentingkah?

Pertanyaan ini bisa kita temukan jawabannya dengan cara mengetahui latar belakang lahirnya asuransi pendidikan.

Seperti telah banyak disadari, Mimpi orang tua untuk memberikan pendidikan yang setinggi-tingginya untuk putra-putrinya dihadapkan pada 4 tantangan dan ancaman; yaitu:

  1. Biaya pendidikan yang naik fantastis
  2. Resiko sakit-penyakit
  3. Resiko kecelakaan
  4. Resiko kematian

1. Biaya pendidikan terus melonjak

Biaya pendidikan di Indonesia, rata-rata naik 15% per tahun. Namun, peningkatan gaji keluarga-keluarga di Indonesia rata-rata hanya 7% per tahun; atau tidak sampai setengah peningkatan biaya pendidikan.

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Info-grafis dari Jiwasraya di atas memperlihatkan data kenaikan biaya pendidikan tinggi di beberapa kampus yang paling bagus di Indonesia. Data ini belum memperhitungkan biaya-biaya lainnya seperti buku, transportasi, maupun akomodasi selama pendidikan. Fakta tersebut adalah tantangan yang memaksa orang tua untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

2. Resiko sakit-penyakit

Resiko sakit-penyakit menghantui setiap orang. Sehingga upaya para orang tua dalam menyiapkan dana untuk pendidikan tinggi bagi putra-putrinya terancam .

Dari Tahun ke tahun, total uang yang dikeluarkan keluarga-keluarga di Indonesia untuk keperluan kesehatan terus meningkat . Info-grafis dari Kementrian Kesehatan RI  berikut ini memperlihatkan fakta tersebut.

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Kenyataan Ini menyatakan bahwa resiko terkena sakit-penyakit semakin besar. Fakta Ini sekaligus menyatakan bahwa biaya pengobatan makin meningkat.

3. Resiko Kecelakaan

Kemudian, orang tua juga terus dihantui resiko kecelakaan; baik di perjalanan maupun di tempat kerja. Info-grafis dari Tirto.id berikut, menunjukkan besarnya resiko kecelakaan yang menghantui setiap orang tua di perjalanan “ke” maupun “sepulang” dari lokasinya bekerja atau berusaha.

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Selain resiko kecelakaan di jalan, orang tua juga menghadapi resiko kecelakaan di tempat kerja kerja. Info-grafis dari Kemenaker di bawah ini menunjukkan tingginya kecelakaan kerja di Indonesia.  Angka kecelakaan kerja di Indonesia mencapai rata-rata 10 ribu kecelakaan per bulan; yang berarti lebih dari 300 kecelakaan kerja per hari.

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

4. Resiko Kematian

Dengan bertambah\bertambahnya usia kita, makin besar pula resiko kematian yang dihadapi. Hal ini diakibatkan oleh semakin berkurangnya kemampuan tubuh untuk menghasilkan sel-sel baru. Akibatnya tubuh kita semakin rentan terkena penyakit yang dapat menyebabkan kematian.

Kecenderungan resiko kematian di tiap usia digambarkan dalam info-grafis di bawah ini:

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Pola resiko kematian tinggi pada usia awal kelahiran. Selanjutnya kecenderungan resiko kematian menurun seiring bertambahnya usia; lalu akan meningkat kembali memasuki usia yang lanjut.

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Yang Terbaik

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Anak Yang Terbaik ialah yang mampu jadi solusi terhadap tantangan dan resiko seperti yang diuraikan di atas.

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik memiliki ciri-ciri berikut ini:

1. Memberikan kepastian

Mimpi pendidikan tinggi bagi anak-anak keluarga sering ikut “terkubur” bersama dengan kematian orang tua, khususnya kematian pemberi nafkah .

Video memberikan gambarannya;

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik harus bisa memberikan kepastian perlindungan biaya pendidikan putra-putri tercinta, meski harus tutup usia sebelum waktunya.

2. Menghadirkan perlindungan

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Di Indonesia juga harus menghadirkan perlindungan kepada orang tua terhadap resiko sakit-penyakit maupun kecelakaan yang dapat mengakibatkan orang tua kesulitan atau tidak bisa lagi melaksanakan kewajibannya memberikan nafkah untuk keluarganya. Sekali lagi, ini berdasarkan tujuan asuransi pendidikan adalah menghadirkan kepastian masa depan pendidikan tinggi untuk putra-putri tercinta.

Perlindungan ini dapat berupa santunan bulanan bagi keluarga agar bisa meneruskan impian pendidikan terbaik bagi buah hatinya.

3. Memberikan manfaat investasi

Selain memberikan kepastian dan menghadirkan perlindungan, Asuransi Pendidikan Anak Yg Bagus juga memberikan manfaat investasi. Info-grafis yang diterbitkan Divisi Riset BEI memperlihatkan bahwa hanya kenaikan hasil investasi saham (13,13%) yang dapat mengimbangi peningkatan biaya kuliah yang fantastis (sekitar 15% setahun). Publikasi tersebut tertuang dalam info-grafis berikut ini:

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-CirinyaWalaupun tidak mutlak, manfaat investasi dari Asuransi Pendidikan Anak Yang Terbaik bisa membantu orang tua mengatasi tantangan tingginya kenaikan biaya kuliah sekaligus mengatasi resiko sakit-penyakit, kecelakaan, dan kematian. Sehingga orang tua dapat memiliki solusi yang komplit dan sederhana dalam 1 produk asuransi pendidikan.

4. Perusahaan asuransi terpercaya

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Di Indonesia harus kita beli dari perusahaan asuransi yang terpercaya. Mengapa demikian?

Karena, asuransi pendidikan adalah produk keuangan jangka panjang. Sehingga, kemampuan perusahaan asuransi dalam mengelola dana nasabah amatlah penting. Kredibilitas perusahaan asuransi ditandai oleh 3 hal berikut ini:

  1. Punya Aset yang besar.
  2. Sejarah pembayaran klaim nasabah yang singkat
  3. RBC lebih dari 125%

Perusahaan asuransi dengan kekayaan besar akan mampu mencairkan klaim resiko maupun hasil investasi seluruh nasabah-nya; bahkan jika seluruh nasabah-nya klaim bersamaan|Aset besar yang dimiliki perusahaan, akan memudahkan perusahaan asuransi untuk mencairkan klaim resiko maupun hasil investasi seluruh nasabah-nya dalam waktu yang cepat\singkat; meskipun jika seluruh nasabah-nya klaim bersamaan|sekaligus}}. Hal ini dapat membawa ketenangan kepada seluruh nasabah-nya bahwa impiannya terjamin. Di bawah ini laporan kekayaan perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Kredibilitas perusahaan asuransi juga terlihat dari riwayat pembayaran klaim yang telah dilakukannya. Jika perusahaan memiliki riwayat pembayaran klaim yang baik bahkan sering membayar klaim yang jumlah-nya besar serta mencairkan klaim dalam waktu , dapat menambah kepercayaan nasabah terhadap perusahaan. Berikut ini riwayat pembayaran klaim perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Ciri yang terakhir adalah perusahaan asuransi yang kredibel juga terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam hal ini, Undang-Undang yang berlaku di Indonesia men-syaratkan bahwa perusahaan asuransi wajib memiliki RBC (Risk Base Capital) minimal 125%. Risk Base Capital adalah perbandingan total kekayaan perusahaan terhadap total kewajiban klaim dan dana investasi seluruh nasabah-nya. Berikut ini contoh laporan RBC perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

 

5. Agen yang terpercaya

Orang tua juga harus memperoleh Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaikdari agen asuransi terpercaya.

Agen asuransi terpercaya adalah “jembatan penghubung” antara calon nasabah dengan perusahaan asuransi. Agen asuransi yang terpercaya akan “mempertemukan” kebutuhan Asuransi Pendidikan Yg Bagus Untuk Anak calon nasabah dengan produk asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Agen asuransi yang terpercaya akan memberikan wawasan yang berimbang bagi calon nasabah-nya. Karena, agen asuransi yang terpercaya memiliki tugas sebagai penyaring awal bagi perusahaan asuransi; biasanya disebut field underwriter. Sehingga, agen asuransi terpercaya tidak hanya akan memberikan informasi berupa keunggulan produk yang ditawarkannya –dengan tujuan supaya calon nasabah membeli produk asuransi-nya– tetapi juga akan menjelaskan kekurangan atau syarat-syaratnya.

Agen asuransi yang kredibel juga akan membantu calon nasabah dalam memutuskan asuransi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Sekaligus menyarankan pilihan yang sesuai dengan anggaran calon nasabah berdasarkan skala prioritas.

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya: Kesimpulan!

Asuransi pendidikan adalah solusi tepat bagi orang tua untuk memastikan bahwa harapan menyediakan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya dapat terwujud.

Kenaikan biaya pendidikan yang fantastis bisa diimbangi oleh Asuransi Pendidikan Yg Bagus Untuk Anak. Sekaligus memberikan proteksi terhadap resiko sakit-penyakit, kecelakaan, maupun kematian yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik adalah yang mempunyai 5 tanda berikut:

  1. Memberikan kepastian
  2. Menghadirkan perlindungan
  3. Memiliki manfaat investasi
  4. Perusahaan asuransi yang terpercaya
  5. Agen asuransi yang kredibel;

dengan begitu, orang tua mendapatkan ketenangan dan kepastian bahwa harapannya untuk menyediakan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya akan terwujud.

 

Semoga bermanfaat!

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Untuk Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Author picture

Tuliskan komentar Anda di sini

Video Pilihan Untuk Anda

Pendapat Client Tentang Kami

Artikel Terkait

Sign up for our Newsletter

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit