Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya

pentingnya asuransi pendidikan

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Banyak orang tua sudah memanfaatkan asuransi pendidikan untuk menolong menggapai mimpi pendidikan tinggi bagi putra-putrinya. Memilih Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Bagus jadi kesulitan tersendiri yang menguras pikiran orang tua di tengah maraknya produk asuransi pendidikan yang tersedia .

Tulisan ini diharapkan dapat menolong orang tua dalam menemukan Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik. Maka impian menghadirkan pendidikan yang terbaik untuk putra-putrinya bisa terwujud.

Asuransi Pendidikan Anak Pentingkah?

Pertanyaan ini bisa kita temukan jawabannya dengan cara mengetahui alasan lahirnya produk asuransi pendidikan.

Sebagaimana telah banyak diketahui, Impian orang tua untuk menyediakan pendidikan tinggi bagi putra-putrinya harus menghadapi 4 tantangan dan ancaman; yaitu:

  1. Biaya pendidikan yang terus meningkat tajam
  2. Resiko sakit-penyakit
  3. Resiko kecelakaan
  4. Resiko kematian

1. Biaya pendidikan yang melonjak

Biaya pendidikan tinggi di Indonesia, rata-rata meningkat 15% setahun. Sayangnya, kenaikan pendapatan keluarga-keluarga di Indonesia rata-rata hanya 7% setiap tahun; atau tidak sampai setengah kenaikan biaya pendidikan tinggi.

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Info-grafis dari Jiwasraya di atas memperlihatkan data kenaikan biaya kuliah di beberapa kampus kenamaan di Indonesia. Data ini belum memperhitungkan biaya-biaya lainnya seperti buku, transportasi, maupun akomodasi selama mengikuti pendidikan. Fakta tersebut menjadi tantangan yang menuntut orang tua untuk mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya.

2. Resiko sakit-penyakit

Resiko sakit-penyakit selalu menghantui setiap orang. Sehingga usaha para orang tua dalam menyiapkan dana untuk pendidikan yang setinggi-tingginya bagi putra-putrinya terancam gagal.

Dari Tahun ke tahun, total uang yang dikeluarkan keluarga-keluarga Indonesia untuk kebutuhan kesehatan terus meningkat tajam. Info-grafis dari Kementrian Kesehatan RI  berikut ini menunjukkan fakta tersebut.

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Fakta Ini memperlihatkan bahwa resiko terkena sakit-penyakit semakin meningkat. Fakta Ini sekaligus menunjukkan bahwa biaya rumah sakit makin meningkat.

3. Resiko Kecelakaan

Berikutnya, orang tua juga dihantui resiko kecelakaan; baik di perjalanan maupun di tempat kerja. Info-grafis dari Tirto.id berikut ini, menyatakan besarnya resiko kecelakaan yang menghantui setiap orang tua di perjalanan “ke” maupun “sepulang” dari lokasinya berusaha atau bekerja.

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Selain resiko kecelakaan di jalan, orang tua juga dihantui resiko kecelakaan kerja. Info-grafis dari Kemenaker di bawah ini menunjukkan betapa tingginya peristiwa kecelakaan kerja di Indonesia.  Angka kecelakaan kerja di Indonesia mencapai rata-rata 10 ribu kecelakaan per bulan; yang berarti lebih dari 300 kecelakaan kerja dalam sehari.

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya

4. Resiko Kematian

Dengan bertambah\bertambahnya usia kita, makin besar pula resiko kematian . Ini diakibatkan oleh makin berkurangnya kemampuan tubuh untuk melakukan regenerasi sel. Sehingga tubuh kita makin mudah terjangkit penyakit yang bisa berujung kematian.

Pola resiko kematian pada setiap kelompok umur tergambar dalam info-grafis berikut :

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Kecenderungan resiko kematian tinggi pada usia awal kelahiran. Selanjutnya pola kematian berkurang seiring bertambahnya usia; dan akan meningkat kembali memasuki usia lanjut.

5 Ciri Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Di Indonesia

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Menghadapi tantangan dan resiko seperti dijabarkan di atas, maka Asuransi Pendidikan Anak Yang Paling Bagus ialah yang mampu menjadi solusi terhadap tantangan dan resiko tersebut.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Terbaik mempunyai ciri-ciri berikut ini:

1. Memberikan kepastian

Harapan pendidikan tinggi bagi anak-anak keluarga seringkali ikut “terkubur” bersama dengan kematian orang tua, khususnya kematian pemberi nafkah .

Video berikut memberikan gambarannya;

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik harus dapat menghadirkan kepastian biaya pendidikan tinggi buah hati tercinta, meski harus tutup usia sebelum waktu itu tiba.

2. Menghadirkan perlindungan

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Di Indonesia juga harus memberikan perlindungan kepada orang tua terhadap resiko sakit-penyakit maupun kecelakaan yang dapat menyebabkan orang tua kesulitan bahkan tidak dapat lagi melaksanakan kewajiban memberikan nafkah bagi keluarganya. Sekali lagi, ini berdasarkan tujuan asuransi pendidikan ialah memberikan kepastian masa depan pendidikan terbaik bagi buah hati tercinta.

Perlindungan ini bisa berupa tunjangan bulanan bagi keluarga agar dapat meneruskan mimpi pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya.

3. Memberikan manfaat investasi

Selain memberikan kepastian dan menghadirkan perlindungan, Asuransi Pendidikan Anak Paling Bagus juga memberikan manfaat investasi. Info-grafis yang dipublikasikan Divisi Riset BEI menunjukkan bahwa hanya kenaikan hasil investasi saham (13,13%) yang sanggup mengimbangi peningkatan biaya pendidikan tinggi yang meningkat tajam (sekitar 15% setahun). Publikasi tersebut tertuang dalam info-grafis berikut ini:

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-CirinyaWalaupun tidak mutlak, manfaat investasi dari Asuransi Pendidikan Anak Terbaik dapat membantu orang tua dalam mengatasi tantangan tingginya kenaikan biaya pendidikan sekaligus mengatasi resiko sakit-penyakit, kecelakaan, dan kematian. Sehingga orang tua dapat memiliki solusi yang komplit dan sederhana dalam 1 produk asuransi pendidikan.

4. Perusahaan asuransi yang terpercaya

kita harus mendapatkan Asuransi Pendidikan Anak Paling Bagus dari perusahaan asuransi yang kredibel. Mengapa demikian?

Sebab, asuransi pendidikan adalah produk keuangan jangka panjang. Sehingga, kemampuan perusahaan asuransi dalam mengelola dana nasabah sangatlah krusial. Kapasitas perusahaan asuransi ditandai oleh 3 ciri berikut :

  1. Memiliki Aset yang besar.
  2. Sejarah pembayaran klaim nasabah yang cepat
  3. RBC lebih dari 125%

Perusahaan asuransi yang memiliki aset yang besar akan mampu mencairkan klaim resiko maupun hasil investasi seluruh nasabah-nya; bahkan jika seluruh nasabah-nya klaim bersamaan|Kekayaan yang besar yang dimiliki perusahaan, akan memudahkan perusahaan asuransi untuk mencairkan klaim resiko maupun hasil investasi seluruh nasabah-nya tempo yang cepat\singkat; bahkan jika seluruh nasabah-nya klaim dalam waktu bersamaan|sekaligus}}. Hal ini membawa keyakinan bagi seluruh nasabah-nya bahwa impiannya terlindungi. Di bawah ini laporan kekayaan perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Kapasitas perusahaan asuransi juga tampak dari riwayat pencairan klaim yang pernah dilakukannya. Jika perusahaan tidak pernah kesulitan dalam membayar klaim bahkan sering membayar klaim yang nilai-nya besar serta mencairkan klaim dalam waktu , hal tersebut akan menambah keyakinan nasabah pada perusahaan. Di bawah ini riwayat pembayaran klaim perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Ciri selanjutnya adalah perusahaan asuransi yang kredibel pasti tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam hal ini, Undang-Undang yang berlaku di Indonesia men-syaratkan bahwa perusahaan asuransi harus memiliki RBC (Risk Base Capital) lebih dari 125%. Risk Base Capital adalah perbandingan total aset perusahaan terhadap total kewajiban klaim dan dana investasi seluruh nasabah-nya. Di bawah ini contoh laporan RBC perusahaan asuransi;

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

 

5. Agen terpercaya

Orang tua juga harus mendapatkan Asuransi Pendidikan Yg Bagus Untuk Anakdari agen asuransi yang kredibel.

Agen asuransi terpercaya adalah “jembatan penghubung” antara calon nasabah dengan perusahaan asuransi. Agen asuransi yang terpercaya akan “mempertemukan” kebutuhan Asuransi Pendidikan Anak Yg Bagus calon nasabah dengan produk asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Agen asuransi terpercaya akan memberikan informasi yang berimbang bagi calon nasabah-nya. Karena, agen asuransi yang terpercaya memiliki fungsi sebagai penyeleksi awal bagi perusahaan asuransi; atau biasa disebut field underwriter. Sehingga, agen asuransi terpercaya tidak hanya akan memberikan wawasan berupa keunggulan produk yang ditawarkannya –dengan maksud agar calon nasabah membeli produk asuransi-nya– melainkan juga akan menunjukkan kekurangan atau syarat-syaratnya.

Agen asuransi yang kredibel juga akan menolong calon nasabah dalam memutuskan asuransi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Sekaligus menyarankan pilihan yang sesuai anggaran calon nasabah berdasarkan skala prioritas.

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya: Kesimpulan!

Asuransi pendidikan adalah solusi yang tepat bagi orang tua untuk memastikan bahwa impian memberikan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya dapat terlaksana.

Asuransi Pendidikan Anak Yang Paling Bagus bisa menolong mengimbangi kenaikan biaya pendidikan yang fantastis, sekaligus memberikan perlindungan terhadap ancaman sakit-penyakit, kecelakaan, maupun kematian yang bisa dialami sewaktu-waktu.

Berikut adalah 5 tanda Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Di Indonesia:

  1. Memberikan kepastian
  2. Menghadirkan perlindungan
  3. Memiliki manfaat investasi
  4. Perusahaan yang kredibel
  5. Agen yang yang terpercaya;

dengan begitu, ketenangan dan kepastian diperoleh para orang tua karena mimpinya untuk menghadirkan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya akan terwujud.

 

Semoga bermanfaat!

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik: Ini 5 Ciri-Cirinya

Author picture

Tuliskan komentar Anda di sini

Video Pilihan Untuk Anda

Pendapat Client Tentang Kami

Artikel Terkait

Sign up for our Newsletter

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit