LIFE Assurance vs LIFE Insurance

LIFE Assurance = LIFE Insurance?

Sebagian besar orang menganggap LIFE Assurance identik atau sama dg LIFE Insurance. Anggapan ini perlu diberikan koreksi; meskipun di Indonesia keduanyasama-sama diterjemahkan sebagai Asuransi Jiwa. LIFE Assurance dan LIFE Insurance memberikan dampak keuangan yang berbeda dan menerapkan mekanisme biaya yang berbeda –jadi sangat membantu untuk memahami lebih jauh produk mana yg sesuai kebutuhan kita.
LIFE Insurance
LIFE Insurance memberikan pertanggungan untuk jangka waktu tertentu (umumnya dikenal sebagai “term policy”. Jika Anda sbg peserta tutup usia dalam jangka waktu berlakunya pertanggungan tsb, perusahaan asuransi membayar sejumlah uang pertanggunan yg bebas pajak. Jika Anda tetap hidup sampai dg akhir jangka waktu pertanggungan, polis tsb menjadi tidak berlaku dan tidak memiliki nilai sisa (uang) apapun. Polis ini hanya memiliki nilai jika ada klaim –sama seperti asuransi mobil Anda!
LIFE Assurance
LIFE Assurance merupakan hasil “perkawinan” antara asuransi dan investasi. Polis LIFE Assurance memerikan sejumlah uang pertanggungan yg minimal sama dengan jumlah minimum uang pertanggungan yg dijamin; yang perhitungannya berdasarkan ketentuan asuransi (aktuaria) dan/atau berdasarkan valuasi investasinya. Nilai dari elemen investasi ini kemudian bergantung pada kinerja investasi Perusahaan Asuransi dan lamanya Anda membayar premi tersebut. Setiap tahun perusahaan LIFE Assurance menambahkan sejumlah hasil investasi atas setoran premi nasabahnya. Oleh karena itu, seiring waktu, nilai polis Anda meningkat akibat hasil investasi terakumulasi tersebut. Jika Anda meninggal dalam masa polis Life Assurance, perusahaan membayar lebih tinggi dari jumlah uang pertanggungan; yaitu uang pertanggungan ditambah nilai akumulasi hasil investasi. Namun, jika Anda masih hidup saat polis berakhir, Anda biasanya mendapatkan kembali sejumlah uang yg lebih besar dari total uang premi yang sudah Anda setorkan; karena sebagian besar perusahaan LIFE Assurance dapat memberikan hasil positif atas investasi premi nasabah. Itulah kelebihannya jika kita memiliki LIFE Assurance.

Add a Comment

You must be logged in to post a comment