Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Sekarang ini Banyak orang tua telah menggunakan asuransi pendidikan untuk mewujudkan harapan pendidikan yang setinggi-tingginya bagi putra-putrinya. Di tengah maraknya produk asuransi pendidikan yang ada di pasaran, memilih Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Bagus menjadi kesulitan tersendiri yang menguras pikiran orang tua.

Tulisan ini diharapkan bisa membantu orang tua dalam memperoleh Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus. Dengan demikian impian menghadirkan pendidikan tinggi untuk putra-putrinya dapat terlaksana.

Kegunaan Asuransi Pendidikan Anak Apa Ya?

Kita bisa menjawab pertanyaan ini dengan cara memahami latar belakang lahirnya asuransi pendidikan.

Seperti telah banyak dipahami, Mimpi orang tua dalam menyediakan pendidikan tinggi bagi putra-putrinya dihadapkan pada 4 tantangan dan ancaman; yaitu:

  1. Biaya pendidikan naik fantastis
  2. Resiko sakit-penyakit
  3. Resiko kecelakaan
  4. Resiko kematian

1. Biaya pendidikan yang terus melonjak

Biaya pendidikan di Indonesia, rata-rata naik 15% setiap tahun. Di lain pihak, kenaikan income keluarga-keluarga di Indonesia rata-rata hanya 7% setiap tahun; atau tidak sampai setengah peningkatan biaya pendidikan.

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Info-grafis dari Jiwasraya di atas menunjukkan data kenaikan biaya pendidikan tinggi di beberapa universitas terbaik di Indonesia. Data ini belum meng-kalkulasi biaya-biaya lainnya seperti akomodasi, buku, maupun transport selama menjalani kuliah. Fakta ini menjadi tantangan yang memaksa keluarga-keluarga Indonesia untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

2. Resiko sakit-penyakit

Setiap orang selalu dihantui oleh resiko sakit-penyakit. Sehingga upaya para orang tua dalam mengumpulkan dana untuk pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya terancam .

Tahun ke tahun, total uang yang dibelanjakan keluarga-keluarga Indonesia untuk keperluan kesehatan terus meningkat . Info-grafis dari Kementrian Kesehatan RI  berikut ini memperlihatkan kenyataan tersebut.

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Ini menyatakan bahwa resiko terkena sakit-penyakit semakin besar. Kenyataan Ini sekaligus menyatakan bahwa biaya rumah sakit semakin besar.

3. Resiko Kecelakaan

Selanjutnya, orang tua juga dihantui resiko kecelakaan; baik di perjalanan maupun di tempat kerja. Info-grafis dari Tirto.id di bawah ini, menunjukkan besarnya resiko kecelakaan yang dihadapi setiap orang tua di perjalanan “menuju” maupun “dari” dari tempatnya berusaha atau bekerja.

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Selain resiko kecelakaan di jalan, orang tua juga menghadapi resiko kecelakaan kerja. Info-grafis dari Kemenaker di bawah ini menunjukkan betapa masih tingginya peristiwa kecelakaan kerja di Indonesia.  Angka kecelakaan kerja di Indonesia mencapai rata-rata 10 ribu kecelakaan per bulan; atau lebih dari 300 kejadian kerja dalam sehari.

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

4. Resiko Kematian

Semakin bertambah\bertambahnya usia kita, semakin besar pula resiko kematian kita hadapi. Hal ini diakibatkan oleh makin menurunnya kemampuan tubuh untuk menghasilkan sel-sel baru. Sehingga tubuh kita makin mudah terserang penyakit yang dapat menyebabkan kematian.

Kecenderungan kematian pada setiap kelompok usia digambarkan dalam info-grafis di bawah ini:

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Kecenderungan resiko kematian tinggi di usia awal kelahiran. Selanjutnya pola resiko kematian berkurang seiring bertambahnya usia; dan akan meningkat kembali memasuki usia lanjut.

5 Ciri Asuransi Pendidikan Yg Bagus Untuk Anak

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Menghadapi tantangan dan resiko seperti diuraikan di atas, maka Asuransi Pendidikan Anak Yang Bagus ialah yang mampu menjadi solusi terhadap tantangan dan resiko tersebut.

Asuransi Pendidikan Anak Yg Bagus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Memberikan kepastian

Mimpi pendidikan tinggi bagi anak-anak keluarga seringkali ikut “terkubur” bersama dengan kematian orang tua, khususnya kematian pencari nafkah keluarga.

Video ini memberikan gambarannya;

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Asuransi Pendidikan Anak Yang Bagus harus bisa menghadirkan kepastian biaya pendidikan buah hati tercinta, meskipun harus tutup usia sebelum waktunya.

2. Menghadirkan perlindungan

Asuransi Pendidikan Anak Yang Terbaik juga harus memberikan perlindungan kepada orang tua terhadap resiko sakit-penyakit maupun kecelakaan yang bisa mengakibatkan orang tua kesulitan bahkan tidak bisa lagi menjalankan kewajiban memberikan nafkah untuk keluarganya. Sekali lagi, ini didasarkan pada tujuan asuransi pendidikan ialah menghadirkan kepastian perlindungan masa depan pendidikan terbaik bagi putra-putri tercinta.

Perlindungan ini dapat berupa santunan bulanan bagi keluarga agar bisa meneruskan impian pendidikan yang terbaik bagi buah hatinya.

3. Memberi manfaat investasi

Selain memberikan kepastian dan menghadirkan perlindungan, Asuransi Pendidikan Anak Yang Paling Bagus juga memberikan manfaat investasi. Info-grafis yang dipublikasikan Divisi Riset BEI menunjukkan bahwa hanya kenaikan dari hasil investasi saham (13,13%) yang dapat mengimbangi kenaikan biaya pendidikan tinggi yang fantastis (sekitar 15% per tahun). Publikasi tersebut tertuang dalam info-grafis berikut ini:

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-CirinyaMeski tidak bersifat mutlak, hasil investasi dari Asuransi Pendidikan Anak Paling Bagus bisa menolong orang tua dalam mengatasi tantangan tingginya kenaikan biaya kuliah sekaligus mengatasi ancaman sakit-penyakit, kecelakaan, dan kematian. Sehingga orang tua bisa memiliki solusi yang komplit dan ringkas dalam 1 produk asuransi pendidikan.

4. Perusahaan yang kredibel

kita harus membeli Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Bagus dari perusahaan asuransi yang kredibel. Mengapa demikian?

Karena, asuransi pendidikan adalah produk keuangan jangka panjang. Sehingga, kredibilitas perusahaan asuransi dalam mengelola dana nasabah amatlah krusial. Kemampuan perusahaan asuransi memiliki 3 ciri berikut :

  1. Aset yang besar.
  2. Sejarah membayar klaim yang singkat
  3. RBC lebih dari 125%

Perusahaan asuransi yang memiliki aset besar akan mampu mencairkan klaim resiko maupun hasil investasi seluruh nasabah-nya; bahkan jika seluruh nasabah-nya klaim di saat yang bersamaan|Kekayaan besar yang dimiliki perusahaan, akan memudahkan perusahaan asuransi untuk mencairkan klaim resiko maupun hasil investasi seluruh nasabah-nya dalam waktu yang cepat\singkat; walaupun jika seluruh nasabah-nya klaim bersamaan|sekaligus}}. Hal ini mendatangkan keyakinan bagi seluruh nasabah-nya bahwa impiannya terjamin. Berikut ini laporan kekayaan perusahaan asuransi;

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Kredibilitas perusahaan asuransi juga terlihat dari riwayat pencairan klaim yang telah dilakukannya. Jika perusahaan tidak pernah kesulitan dalam membayar klaim bahkan selalu membayar klaim yang nilai-nya besar serta mencairkan klaim dengan singkat, hal tersebut dapat meningkatkan keyakinan nasabah terhadap perusahaan. Di bawah ini riwayat pembayaran klaim perusahaan asuransi;

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

Ciri yang terakhir adalah perusahaan asuransi yang terpercaya juga terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam hal ini, Undang-Undang yang berlaku di Indonesia men-syaratkan bahwa perusahaan asuransi wajib memiliki RBC (Risk Base Capital) minimal 125%. Risk Base Capital adalah perbandingan total kekayaan perusahaan terhadap total kewajiban klaim dan dana investasi seluruh nasabah-nya. Berikut ini contoh laporan RBC perusahaan asuransi;

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Sumber : Laporan Keuangan Terkonsolidasi PT. Prudential Indonesia Tahun 2018

 

5. Agen asuransi yang kredibel

Orang tua juga harus mendapatkan Asuransi Pendidikan Anak Terbaikdari agen asuransi yang terpercaya.

Agen asuransi yang terpercaya adalah “jembatan penghubung” antara calon nasabah dengan perusahaan asuransi. Agen asuransi terpercaya akan “mempertemukan” kebutuhan Asuransi Pendidikan Buat Anak Yang Bagus calon nasabah dengan produk asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Agen asuransi yang terpercaya akan memberikan informasi yang berimbang bagi calon nasabah-nya. Karena, agen asuransi terpercaya berfungsi sebagai penyaring awal bagi perusahaan asuransi; atau biasa disebut field underwriter. Sehingga, agen asuransi yang terpercaya tidak hanya memberikan wawasan berupa kelebihan-kelebihan produk yang ditawarkannya –dengan maksud supaya calon nasabah membeli produk asuransi-nya– tapi juga akan menjelaskan kekurangan atau syarat-syaratnya.

Agen asuransi yang terpercaya juga akan membantu calon nasabah dalam memutuskan asuransi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Sekaligus menyarankan pilihan yang sesuai dengan anggaran calon nasabah berdasarkan skala prioritas.

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya: Kesimpulan!

Asuransi pendidikan adalah solusi tepat bagi orang tua untuk memastikan bahwa harapan memberikan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya dapat terlaksana.

Asuransi Pendidikan Yg Bagus Untuk Anak bisa membantu mengimbangi kenaikan biaya pendidikan yang meningkat tajam, sekaligus memberikan perlindungan terhadap resiko sakit-penyakit, kecelakaan, maupun kematian yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Asuransi Pendidikan Untuk Anak Yang Terbaik adalah yang memiliki 5 ciri-ciri berikut:

  1. Memberikan kepastian
  2. Menghadirkan perlindungan
  3. Memiliki manfaat investasi
  4. Perusahaan asuransi yang terpercaya
  5. Agen yang yang terpercaya;

sehingga, orang tua memperoleh ketenangan dan kepastian bahwa mimpinya untuk menghadirkan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya akan terwujud.

 

Semoga bermanfaat!

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Referensi Asuransi Pendidikan Anak: Ini Dia 5 Ciri-Cirinya

Author picture

Tuliskan komentar Anda di sini

Video Pilihan Untuk Anda

Pendapat Client Tentang Kami

Artikel Terkait

Sign up for our Newsletter

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit