pentingnya asuransi pendidikan

Pentingnya Asuransi Pendidikan

Harapan orang tua demi menghadirkan pendidikan yang terbaik dan yang setinggi-tingginya bagi putra-putri mereka harus berhadapan dengan 5 resiko dan tantangan. Kelima resiko dan tantangan tersebut dengan seketika dapat memupus harapan mereka. Di sinilah pentingnya asuransi pendidikan.

Resiko dan tantangan yang dihadapi orang tua

Ada lima resiko dan tantangan yang dihadapi orang tua dalam rangka memberikan pendidikan yang terbaik dan yang setinggi-tingginya bagi putra-putri mereka. Kelima resiko dan tantangan itu ialah:

  1. Resiko kematian
  2. Resiko musibah bencana alam
  3. Resiko kecelakaan di jalan maupun di tempat kerja,
  4. Resiko sakit-penyakit
  5. Tantangan biaya pendidikan yang terus naik fantastis

 

Resiko Kematian

Semakin bertambahnya usia , semakin besar pula resiko kematian yang dihadapi. Hal ini wajar karena dengan semakin bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk melakukan regenerasi sel semakin berkurang. Akibatnya tubuh kita makin mudah terserang penyakit yang bisa mengakibatkan kematian.

Kecenderungan kematian pada setiap kelompok usia tergambar dalam info-grafis berikut ini:

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik 2020: Ini 5 Ciri-Cirinya

Pola kematian tinggi di usia awal kelahiran. Selanjutnya kecenderungan resiko kematian menurun seiring bertambahnya usia; lalu akan meningkat lagi memasuki usia yang semakin lanjut. Jadi sebagai orang tua, kita memiliki tingkat resiko kematian yang lebih besar hanya karena usia kita yang semakin bertambah.

 

Resiko musibah bencana alam

Indonesia adalah negara yang termasuk dalam wilayah yang rentan terhadap bencana alam. Bukan hanya bencana banjir dan tanah longsor, kita juga menghadapi kemungkinan bencana-bencana lain yang dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun. Antara lain:

  • Bencana gunung meletus,
  • Kebakaran hutan dan lahan,
  • Gempa bumi,
  • Tsunami,
  • Angin puting beliung

Resiko-resiko bencana seperti tersebut di atas menambah berat peluang kita dalam menggapai impian pendidikan yang terbaik untuk putra-putri kita. Diperlukan strategi dan cara yang jitu yang mampu menolong kita memastikan pendidikan terbaik dan setinggi-tingginya untuk putra-putri kita.

 

Resiko kecelakaan di jalan dan di tempat kerja

Kemudian, orang tua juga dihantui resiko kecelakaan; baik di perjalanan maupun di tempat kerja. Info-grafis dari Tirto.id di bawah ini, menggambarkan resiko kecelakaan yang menghantui setiap orang tua di perjalanan “ke” maupun “sepulang” dari lokasinya bekerja atau berusaha.

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik 2020: Ini 5 Ciri-Cirinya

Selain resiko kecelakaan di jalan, orang tua juga dihantui resiko kecelakaan kerja. Info-grafis dari Kemenaker di bawah ini menunjukkan tingginya peristiwa kecelakaan kerja di Indonesia.  Angka kecelakaan kerja di Indonesia mencapai rata-rata 10 ribu kecelakaan per bulan; yang berarti lebih dari 300 kecelakaan kerja per hari.

pentingnya asuransi pendidikan

 

Resiko sakit-penyakit

Resiko sakit-penyakit menghantui setiap orang; tak terkecuali orang tua. Sehingga, upaya para orang tua dalam mengumpulkan dana untuk pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya terancam .

Dari tahun ke tahun, data menunjukkan bahwa jumlah uang yang dikeluarkan oleh keluarga-keluarga Indonesia untuk pembayaran aneka keperluan yang berhubungan dengan kesehatan terus meningkat tajam. Info-grafis dari Kementrian Kesehatan RI  di bawah ini memperlihatkan fakta tersebut.

pentingnya asuransi pendidikan

Ini menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun, semakin banyak orang yang harus menderita sakit penyakit; resiko terkena sakit-penyakit semakin tinggi. Kenyataan ini sekaligus juga menyatakan bahwa biaya rumah sakit semakin tinggi dari tahun ke tahun.

 

Tantangan biaya pendidikan yang terus naik fantastis

Biaya kuliah di Indonesia, rata-rata naik 15% per tahun. Sebaliknya, kenaikan gaji keluarga-keluarga di Indonesia rata-rata hanya 7% setiap tahun; atau tidak sampai setengah kenaikan biaya pendidikan tinggi.

pentingnya asuransi pendidikan

Info-grafis dari Jiwasraya di atas memperlihatkan kepada kita kenaikan biaya kuliah di beberapa kampus terkenal di Indonesia. Padahal, data tersebut belum memperhitungkan biaya-biaya lain yang biasanya muncul saat menjalani kuliah. Sebagai contoh di antaranya; biaya transportasi, akomodasi, maupun kebutuhan buku selama menjalani pendidikan.

Pentingnya asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan hadir dengan tujuan untuk menjadi solusi bagi orang tua dalam menghadapi resiko maupun tantangan seperti yang diuraikan sebelumnya. Sehingga impian mereka untuk memberikan pendidikan terbaik dan yang setinggi-tingginya bagi putra-putri mereka dapat tetap terwujud meskipun resiko dan tantangan tersebut harus dialami.

Langkah selanjutnya yang harus dipastikan adalah menemukan asuransi pendidikan yang tepat dan terbaik yang benar-benar dapat menjadi solusi seperti disebutkan di atas. Temukan panduan-nya dalam artikel kami; Pedoman Lengkap Memilih Asuransi Pendidikan .

Add a Comment

You must be logged in to post a comment